asuransi kecelakaan diri

Kehidupan yang aman dan nyaman secara finansial adalah impian banyak orang. Untuk menikmati kehidupan seperti itu, Anda harus sudah mencapai kesejahteraan finansial. Kesejahteraan finansial sendiri adalah keadaan di mana seseorang sudah merasa aman dengan keuangannya dan memiliki kendali atas keuangannya baik di masa sekarang ataupun di masa depan. Tiga hal utama yang perlu dipersiapkan adalah dana darurat berupa tabungan atau deposito, asuransi yang mencakup asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan diri dan sejenisnya, terakhir yaitu investasi seperti saham, emas, dan lainnya.

Simak penjelasan lebih lengkapnya berikut ini!

  1. Dana Darurat

Dana darurat adalah dana yang disimpan untuk digunakan dalam keadaan darurat yang tidak terduga contohnya seperti kehilangan sumber pendapatan secara mendadak, jatuh sakit, kebakaran, kecelakaan, dan lain-lain. Jumlah ideal dana darurat adalah sebesar 3-6 kali gaji untuk yang tidak mempunyai tanggungan atau belum berkeluarga dan 6-12 kali gaji untuk yang memiliki tanggungan atau sudah berkeluarga. Dana darurat wajib tersedia kapan pun dibutuhkan dan harus disimpan di tempat yang aman, memiliki risiko fluktuasi jangka pendek dan risiko kegagalan yang rendah, mudah diakses kapanpun dan dimanapun dan harus likuid atau mudah dicairkan contohnya seperti tabungan bank, deposito berjangka, emas, reksadana pasar uang ataupun obligasi jangka pendek di bawah setahun.

  1. Asuransi

Asuransi mengantisipasi kerugian finansial yang tidak dapat ditanggung hanya dengan dana darurat saja, contohnya seperti terserang penyakit kritis yang memerlukan perawatan di rumah sakit dalam jangka waktu yang cukup lama. Seringkali perawatan rumah sakit menghabiskan biaya yang tidak sedikit. Maka asuransi dapat membantu meminimalisir pengeluaran untuk biaya tersebut. Ada dua jenis asuransi yaitu Asuransi Kesehatan dan Asuransi Jiwa. Asuransi Kesehatan yang memberikan manfaat berupa pertanggungan biaya dokter, biaya obat, hingga operasi, asuransi ini harus diprioritaskan terlebih dahulu karena kesehatan adalah risiko hidup setiap orang. Asuransi Jiwa bermanfaat agar keluarga dari pemilik asuransi (tertanggung) terlindung dari kerugian finansial ketika tertanggung tidak mampu untuk bekerja lagi akibat kecelakaan atau tutup usia.

  1. Investasi

Barulah setelah memiliki dana darurat dan asuransi, Anda dapat mulai melakukan investasi. Investasi secara singkat berarti menaruh sejumlah dana pada instrumen investasi yang memilki potensi tumbuh di atas laju inflasi. Dengan demikian, dana yang dimiliki akan berkembang dan dapat membantu akumulasi kekayaan dengan lebih cepat. Investasi dilakukan dengan jangka waktu yang panjang karena untuk kebutuhan keuangan di masa depan. Investasi dapat dilakukan melalui berbagai produk dari pasar modal, emas, atau properti.

Semoga informasi dalam artikel ini dapat membantu Anda untuk mempersiapkan hal-hal untuk meraih kesejahteraan finansial ya!

 

 

 

3 Hal yang Harus Dipersiapkan Untuk Mencapai Kesejahteraan Finansial!

Leave a Reply

Your email address will not be published.