sumber: mediaindonesia.com

Pengguna vape mari kumpul. Sudah terbiasa dengan coil yang mudah gosong? Kamu pakai coil apa? Sudah gunakan coil vinci belum? Sekarang sedang bertanya-tanya alasannya cepat gosong? Apakah memang sudah sewajarnya coil mengalami kegosongan? Bagaimana cara mencegahnya? Mari simak penjelasan berikut ini.

 

Di dalam coil rokok vape sebenarnya sedang terjadi apa? Jadi begini, pada dasarnya coil di bagian pod sama dengan coil yang terletak di RDA/RTA, ada kapas dan juga lilitan coil. Saat kapas yang tadinya basah lalu dipanaskan lama-kelamaan kapas jadi menghitam dan gosong. Jadi pemanis yang ada di dalam liquid berubah menjadi karamel akhirnya jadi cokelat warna kapasnya. Ada cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah coil cepat gosong terutama kamu pengguna setia coil vindi.

 

Jadi bagian yang pertama kali mengalami mengalami karamelisasi itu bagian yang menempel langsung pada coilnya. Pernah memanaskan gula di atas wajan? Nah begitulah proses karamelisasi pada vape dan lama-lama bisa gosong dan menjadi kerak. Lalu kapasnya lama-kelamaan juga daya serapnya akan menurun disebabkan oleh panas dan juga pemakaian oleh penggunanya. Itu yang menyebabkan daya tampung kapas menjadi menurun tapi masalahnya daya panas yang keluar dari coil itu sama. Akhirnya semakin gosonglah coilnya.

 

Bagaimana caranya untuk mencegah coil vinci menjadi cepat gosong? Berikut informasi yang dapat membantu kamu ya. Silakan dibaca sampai habis supaya coil vindi kamu menjadi lebih awet.

 

  1. Jangan gunakan kapas terbakar

Saat kamu tahu ada rasa kapas yang terbakar jangan malah kamu isi dengan liquid untuk menghilangkan rasa gosongnya, sebab gosongnya tidak hilang hanya rasanya yang tertutupi oleh liquid. Kalau sudah muncul rasa gosong ini menimbulkan zat yang berbahaya dan bisa memicu kanker. Jangan sampai kamu menghisap zat yang berbahaya dan terus-menerus memasukkannya ke dalam tubuh.

 

  1. Beri Jeda

Pod system yang ada pada vape tidak diciptakan untuk digunakan terus-terusan seperti kereta api. Selalu berikan jeda yang cukup di ntara satu puff dengan puff yang lainnya ya. Ini untuk memberikan waktu yang cukup untuk kapas kembali tersaturasi dengan liquid, jadi tidak mudah terbakar sampai gosong. Ini membantu menjaga umur coil vindi jauh lebih baik.

 

  1. Lakukan Priming

Priming sendiri adalah proses membasahi kapas secara merata sebelum digunakan pertama kali. Kapas yang masih kering dan belum pernah digunakan biasanya menyerap liquid dalam waktu yang lebih lama. Namun kalau  sudah basah, kecepatan penyerapan liquid menjadi lebih cepat, ini disebut sebagai break-in.

 

Itu dia beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mencegah coil cepat gosong. Tentu saja cara tersebut membuat umur coil vindi yang kamu miliki menjadi lebih panjang. Jadi saat kamu menggunakan coil yang kualitasnya baik bukan berarti kamu sembarangan memakainya. Apa pun coilnya jika kamu menggunakannya tanpa cara di atas tetap akan membuat coil menjadi cepat gosong. Selain membuat kamu keluar lebih banyak uang untuk sering mengganti coil vindi, juga berbahaya buat kesehatan jika sering menghirup uap yang dihasilkan dari coil yang sudah gosong. Apalagi jika kamu terus-terusan menggunakan coil tersebut tanpa menggantinya. Kamu bisa jadi nanti tak lagi merasakan rasa gosong karena terbiasa dengan rasa tersebut. Jadi pastikan sering mengganti coil vindi jika memang sudah tak layak untuk digunakan lagi. Jangan sampai terlalu gosong baru diganti.

 

3 Tips Supaya Vape Tak Cepat Gosong

Leave a Reply

Your email address will not be published.