Pasca gempa berkekuatan 6,7 SR terjadi di wilayah Aegean, Turki Tenggara (30/10/2020) yang berdekatan dengan perbatasan Yunani, Turki berkomitmen membantu Yunani. Ini merupakan momentum saling mendukung dua negara yang sejak lama berkonflik terkait sengketa wilayah Laut Mediterania. Hal itu disampaikan, Direktur Komunikasi Turki Fahrettin Altun dikutip dari Anadolu Agency, Sabtu (31/10/2020).

Altun pula menyampaikan ucapan belasungkawa atas bencana yang dilaporkan hingga Sabtu pagi menewaskan setidaknya 24 orang itu. "Kami berdoa agar tidak ada korban jiwa lagi di Turki atau Yunani dan kami mengirimkan harapan terbaik kami kepada semua yang terkena dampak di kedua sisi gempa," katanya di Twitter. Altun menambahkan, Turki siap membantu Yunani jika dibutuhkan.

Sebelumnya, dalam unggahan Twitter Presiden Presiden Turki Recep Tayyip Erdo─čan disampaikan pula bahwa gempa bumi ini menunjukan solidaritas di antara dua negara ini. "Terima kasih, Tuan Perdana Menteri. Saya menyampaikan belasungkawa kepada Yunani atas nama saya sendiri dan rakyat Turki. Turki juga selalu siap membantu Yunani menyembuhkan luka lukanya. Bahwa dua tetangga menunjukkan solidaritas di masa masa sulit lebih berharga daripada banyak hal dalam hidup," tulis Erdogan.

Pasca Gempa Besar, Turki Siap Bantu Yunani
Tagged on:                 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *