Ketika kita membahas mengenai gula, mungkin banyak dari kita yang beranggapan bahwa gula merupakan butiran berwarna putih yang rasanya manis. Tentu saja, hal ini memang tepat. Akan tetapi, sebenarnya ada juga loh jenis-jenis gula lainnya yang digunakan untuk membuat bahan makanan maupun minuman terasa lebih manis. Nah, kali ini kita akan membahas mengenai perbedaan antara raw sugar dan gula rafinasi. Yuk, liat pada 4 fakta berikut ini!

  1. Gula rafinasi memiliki warna yang lebih putih

Dibandingkan dengan raw sugar, gula rafinasi alias refined sugar memiliki warna yang lebih putih. Bukan hanya itu saja, gula rafinasi pun juga memiliki tingkat kemurnian yang lebih tinggi apabila dibandingkan dengan gula pasir yang biasa kita temui di pasaran. Nah, gula rafinasi sendiri memang tidak dijual secara bebas ya, melainkan ditemukan pada industri-industri yang memproduksi makanan maupun minuman, diantaranya ialah industri coklat, ice cream, serta minuman kemasan.

  1. Raw sugar terbuat dari tebu

Jadi gula mentah alias yang juga dikenal sebagai raw sugar merupakan jenis gula yang terbuat dari proses sintesis tebu. Maka dari itu, perlu diperhatikan juga bahwa karena termasuk sebagai bahan yang mentah, raw sugar tidak bisa langsung kita konsumsi ya. Justru, ada tahap lainnya yang perlu dilalui apabila gula tersebut akan dihadirkan dan dikonsumsi masyarakat. Nah, nantinya gula yang sudah diolah itulah yang dikenal sebagai gula rafinasi.

  1. Gula rafinasi melalui proses tambahan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, gula rafinasi merupakan jenis gula yang harus melalui proses tambahan terlebih dahulu. Proses ini bertujuan untuk menghilangkan kandungan molase alias cairan kental yang ada di dalam gula mentah. Setelah melalui proses ini, maka gula rafinasi bisa dijadikan bahan tambahan untuk membuat makanan.

  1. Adanya variasi gula lain

Nah, selain adanya gula rafinasi dan gula mentah, kita pun juga mengenai jenis-jenis gula lainnya, seperti gula rendah kalori, gula pasir, gula cair, serta gula coklat. Selain itu, ada juga molase yang merupakan produk sampingan gula dan dikenal dengan istilah tetes tebu.

 

Raw Sugar dan Gula Rafinasi, Apa Bedanya? Simak 4 Fakta berikut!
Tagged on:             

Leave a Reply

Your email address will not be published.