Video viral seorang anggota Badan Narkotika Nasional (BNN) mencari tanaman hias di hutan viral di media sosial. Video ini pertama kali dibagikan oleh akun bernama @djainulmuttakin sekitar 12 Desember 2020 lalu. Tampak dari konten yang ada, ada pria berseragam dengan tulisan BNN berwarna putih tengah berada di rerimbunan pohon dan semak semak.

Diketahui dirinya tengah mengambil tanaman hias untuk dibawa pulang ke rumah. Hingga Kamis (24/12/2020), vide ini telah ditonton hingga 1,6 juta dan menuai komentar beragam dari warganet lainnya. Ternyata BNN taat sama BINI ya bun

Jangan sampe mak gue lihat, nanti gue disuruh nyari ke hutan. Pasti ini tugas dari atasan, kasta tertinggi di rumah. Sayang istri ya pak, suami idaman.

Bini auto seneng 7 turunan wkwkw. Djainul mengaku membuat konten tersebut pada Kamis 3 Desember 2020 saat dirinya perjalanan pulang setelah bertugas. "Selepas kegiatan Pojok Konseling BNN Kabupaten Trenggalek, lokasinya ada di salah satu kecamatan Pesisir Trenggalek," katanya, Kamis.

Ketika itu Djainul mencari tanaman bernama monstera minima atau rhaphidophora tetrasperma yang juga sering disebut sebagai monstera minima/piccolo. Sedangkan tujuan ia mengambil tamanan hias itu bukan karena permintaan sang istri. Melainkan sejak pertengahan pandemi Covid 19, Djainul mulai terpincut mengoleksi tanaman hias.

"Saya mengisi waktu luang dengan memelihara tanaman hias bila tidak ada kegiatan. Jadi itu inisiatif saya sendiri," bebernya. Sekarang sudah ada sekitar 70 jenis tanaman terpajang rapi di rumah Djainul. Djainul mengaku tidak sulit untuk menemukan tanaman hias di beberapa kawasan hutan Kabupaten Trenggalek.

"Dan warga setempat menganggapnya tanaman tersebut adalah jenis tanaman biasa saja," imbuh Djainul. Djainul mengaku kaget saat video saat mencari tanaman hias viral dan ditonton jutaan orang. Bahkan video tersebut sampai ke telinga BNN RI pusat.

Mereka mencari kebenaran ke BNN Kabupaten Trenggalek, apakah pria yang ada di dalam video merupakan anggotanya dan memastikan tidak sedang menjalankan tugas. "Sempat mengkonfirmasikan melalui pimpinan apakah benar personil yang sedang viral dalam video ini benar benar anggota dari BNN Kabupaten Trenggalek." "Memastikan pula bahwa saat itu tidak dalam pelaksanaan tugas. Melainkan perjalanan pulang selepas melaksanakan tugas," urai Djainul .

Bagi Djainul sendiri, video yang viral memiliki pesan penting. Utamanya untuk memperlihatkan sisi lain dari anggota BNN. "Sehingga mampu merubah stigma di masyarakat yang selama menganggap BNN sebagai institusi atau lembaga yang menyeramkan," beber dia.

Oleh karena itu, menurut Djainul , perlu ada upaya upaya pendekatan ke masyarakat termasuk salah satunya melalui aplikasi yang saat ini lagi nge trend, yaitu TikTok. Djainul berharap masyarakat mengetahui BNN tidak hanya masalah pemberantasan, melainkan juga pencegahan dan pemberdayaan masyarakat sekaligus rehabilitasi. "Berikutnya melalui video ini saya berupaya untuk mengajak pengguna TikTok untuk tidak menyalahgunakan aplikasi ini untuk hal hal negatif dengan cara membuat konten konten yang menghibur dan bermanfaat."

"Bukan malah sebaliknya, mengingat pengguna TikTok saat ini tidak hanya kalangan dewasa, tapi juga mulai anak anak yang sangat rentan sekali terkait hal tersebut," tandas Djainul.

VIRAL Video Anggota BNN Cari Tanaman Hias di Hutan untuk Dibawa Pulang, Berikut Cerita Lengkapnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.